Senin, 01 Juli 2013

Praktek Kode Etik dalam Teknologi Informasi



Kode Etik adalah pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis dalam melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara sebagai pedoman berperilaku. Kode Etik harus dimiliki semua profesi misalkan kode etik dokter, kode etik polisi, kode etik IT dan lain-lain. Tujuan kode etik agar profesional memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai atau nasabahnya. Adanya kode etik akan melindungi perbuatan yang tidak profesional .

Salah satu Kode etik yang sangat diperlukan tentunya kode etik profesi dalam bidang IT. Pada zaman sekarang ini perkembangan Teknologi Informasi sudah sangatlah pesat. Banyak sekali profesi yang ada dalam bidang teknologi. Untuk itu ada beberapa prinsip dalam kode etik antara lain Integrity, Confidentiality, Avaliability dan Privacy.
·         Integrity adalah kepercayaan terhadap informasi. Pada prinsip ini data tidak boleh diubah maupun dimodifikasi oleh pihak yang tidak berwenang (authorized). Untuk itu sangat diperlukan sekali kemanan pada prinsip ini agar informasi yang ada dapat dijamin kebenarannya sehingga tidak merupikan pihak yang membaca informasi
·     Confidentiality adalah menjaga kerahasiian informasi diketahui oleh pihak yang tidak berwenang.  Misalkan saja pada pengiriman email, informasi tentang data yang dikirim harus dijaga kerahasiaannya. Prinsip ini dibutuhkan agar tidak jadi kebocoran data/informasi
·         Avaliability adalah ketersediaan informasi. Ketersediaan sumber informasi, merupakan aspek yang menjamin bahwa data tersedia ketika dibutuhkan.
·         Privacy adalah kemanan untuk menjaga iagar tidak terjadi kebocoran informasi.

Ada 3 hal pokok yang merupakan fungsi dari kode etik profesi:
1.   Kode etik profesi memberikan pedoman bagi setiap anggota profesi tentang prinsip profesionalitas yang digariskan.
            2.   Kode etik profesi merupakan sarana kontrol sosial bagi masyarakat atas profesi yang  bersangkutan(kalanggansocial).
3.   Kode etik profesi mencegah campur tangan pihak diluarorganisasi profesi tentang hubungan etika dalam keanggotaan profesi.

Term & Condition Penggunaan TI
Term & Condition Penggunaan TI adalah aturan-aturan dan kondisi yang harus ditaati pada penggunaan teknologi informasi. Hal tersebut mencakup integrity, privacy dan avaliability dari informasi yang terdapat dan dibutuhkan didalamnya.

Referensi :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar