Senin, 25 Maret 2013

ETIKA TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI YANG HARUS DILAKUKAN OLEH PEMBUAT, PENGELOLA, DAN PENGGUNA

Pada era sekarang ini pertumbuhan dan perkembangan Teknologi Sistem Informasi bukanlah suatu hal yang baru. Sudah banyak ditemui banyak sekali blog-blog maupun website yang kita temui. Untuk mengisi blog atau pun website tidak boleh sembarangan, sangat dibutuhkan sekali etika baik untuk pembuat, pengelola maupun pengguna untuk menghindari adanya pihak-pihak yang dirugikan.



Pengertian Etika

"Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral.[rujukan?] Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab"

Etika dapat diartikan sebagai ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia.


Etika untuk pembuat teknologi informasi

Etika yang harus dimiliki oleh pembuat teknologi informasi yakni isi dari informasi tidak boleh mengandung hal-hal yang menyudutkan dan merugikan orang lain (tidak boleh mengandung SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan). Tidak meniru ataupun menjiplak karya orang lain.  



Etika untuk pengelola teknologi informasi

Pengelola harus merahasiakan data dan menjaga privasi para pelanggannya. Dalam hal ini, pengelola merupakan pihak yang mengelola teknologi informasi, misalnya Bank, perusahaan telekomikasi dan lain-lain harus menjaga data para nasabahnya agar aman.



Etika untuk pengguna teknologi informasi

Etika dari sisi Pengguna yakni menghormati dan menghargai hasil karya yang dibuat oleh pembuat dan pengelola teknologi informasi. Tidak boleh menghina karya orang lain. Pengguna tidak boleh menjiplak karya tanpa sepengetahuan pengelola ataupun pembuat. Misalkan ingin menjiplak tulisan/karya orang pada website sebaiknya mencantumkan sumber/ referensi.



Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Etika tanggal akses 25 Maret 2013


http://mkusuma.staff.gunadarma.ac.id tanggal akses 25 Maret 2013














Tidak ada komentar:

Posting Komentar