Senin, 26 Maret 2012

DAMPAK PERDAGANGAN BEBAS BAGI LULUSAN SARJANA ILMU KOMPUTER DAN IT

Perdagangan bebas adalah sebuah konsep ekonomi yang mengacu kepada Harmonized Commodity Description and Coding System (HS) dengan ketentuan dari World Customs Organization yang berpusat di Brussels, Belgium. penjualan produk antar negara tanpa pajak ekspor-impor atau hambatan perdagangan lainnya (Wikipedia).

Perdagangan bebas disebut-sebut sebagai  salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia. Perdagangan bebas dapat meningkatkan devisa negara dan pasar modal . Namun pada kenyataannya perdagangan bebas menimbulkan kekhawatiran karena memiliki dampak negatif bagi negara berkembang.

Dampak bagi lulusan sarjana komputer dan IT ???
Maraknya perdagangan bebas  sekarang ini tentunya menimbulkan berbagai macam dampak. Dampak yang paling menonjol bagi negara berkembang seperti kita ini tentunya dampak negatif yang lebih besar. Sebagai negara berkembang sangat sulit bagi kita untuk bersaing dengan negara maju misalnya saja dibanding dengan negara-negara maju di ASIA yakni Jepang, China, Korea. Kurangnya kredibilitas dan kualitas lulusan sarjana komputer dan IT  dalam negeri menyebabkan kalah bersaing dibanding lulusan luar negeri. Gaji yang ditawarkan perusahaan bagi lulusan dalam negeri jauh berbeda dibanding lulusan luar negeri. Selisah ganjinya bahkan bisa mencapai 3 sampai 4 kali lipat hal ini menyebabkan banyaknya pengangguran karena tidak bisa bisa bersaing dengan lulusan luar negeri. Dari situ dapat dilihat bawah Indonesia dirasa belum siap bersaing dengan negara-negara maju dalam hal perdagangan bebas. Adapun sampak positif dari perdagangan bebas adalah dengan meningkatnya pengguna internet. Internet dapat menjadi salah satu alternatif sebagai media online untuk melakukan persaingan perdagangan bebas. Para  pembeli dan penjual dapat berinteraksi secara online untuk melakukan transaksi perdagangan meskipun tanpa bertatap muka sekalipun.
Untuk itu kita sebagai mahasiswa IT yang nantinya akan menjadi sarnaja IT haruslah menanamkan semangat kerja dan kemampuan untuk bersaing untuk meraih peluang kerja sehingga lulusan sarjana IT tidak kalah dibanding dengan lulusan Sarjana luar negeri.

Referensi : id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_bebas (tgl 27 Maret 2012)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar