Selasa, 29 Mei 2012

RESENSI

JUDUL NOVEL    :          LONG LOST (Yang Lama Hilang)
PENULIS        :          Harlan Coben
PENERBIT       :          Esensi ERLANGGA GROUP
TEBAL HALAMAN  :          398 halaman

Herlan  Coben adalah penulis cerita misteri paling laris di daftar peringkat New York Times Bestseller. Ia adalah penulis pertama yang memenangkan tiga penghargaab sekaligus yaitu Edgar Award, Shamus Award dan Anthony Award yang merupakan penghargaaan-penghargaan bergengsi untuk tulisan misteri.

Novel “ Long LOST (Yang Lama Hilang) termasuk novel misteri menceritakan tentang Myron Bolitar yang merupakan seorang agen yang memanajeri para atlet dan selebriti. Pekerjaannya itu membawa dia kedalam beberapa permasalahan yang menegangkan yang penuh teka teki. Myron sempat  memiliki hubungan dekat dengan  Terese, seorang wanita yang dulu mengisi hatinya selama sepuluh tahun. Terese sendiri  juga dihadapkan dengan masalah yang sangat rumit karena harus kehilangan putri yang sangat dia sayangi dan juga dia dituduh membunuh suaminya yang bernama Rick Collins. Hal itu membuat Terese kehilangan semangat hidupnya.
Permasalahan dimulai ketika Myron sangat ingin bertemu dengan Terese. Myron memutuskan pergi ke Paris untuk menemui Terese. Sesampainya di Paris dia mengetahu bahwa Terese sedang menghadapi tuduhan pembunuhan suaminya. Hal itu sontak membuat Myron kaget.
Penyebab kematian Rick Collins mulai diselidiki oleh Berleand kepolisian Paris. Berdasarkan pemeriksaan jenasah Rick Collins terdapat helaian rambut pirang dan juga bercak darah yang menempel pada jenasah.Berdasarkan hasil tes DNA diketahui bahwa pemilih dari helaian rambut dan bercak darah adalah seorang gadis yang diperkirakan berumur 17 tahun.
Myron dan Win yang menduga pemilik rambut yang menempel adalah Miriam, yang merupakan anak Terese yang telah meninggal sekitar  10 tahun silam. Pembokaran makan pun dilakukan untuk memastikan apakah pemilih dari rambut tersebut adalah Miran. Dan setelah melakukan uji laboraturium terhadap tulang Miriam, diketahui bahwa positif sama dengan dengan helaian rambut yang ditemukan pada janasah Rick Collins. Masalah semakin pelik karena Merriam sudah meninggal mana mungkin dia bisa membunuh Rick.
Penyelidikan terhadap kasus kematian Rick Collins terut berlanjut, menurut informasi dari teman dekat Rick, sebelum meninggal Rick sedang menangani kasus yang berhubungan dengan Yayasan Save The Angels . Myron langsung mencari informasi tentang Yayaan Save The Angel. Ternyata yayasan tersebut menangani tentang anti aborsi dan menggalakkan rasa mencintai Tuhan. Namun karena diduga kasus pembunuhan tersebut melibatkan seorang teroris kelas kakap yang sangat berbahaya bernama Matar. Myron diminta untuk menghentikan penyelidikan tersebut. Tetapi Myron tetap berniat untuk melanjutkan kasus tersebut dan mengindahkan nasihat Berleand. Pencarian dimulai dari menemukan gadis berambut pirang. Setelah mencari beberapa informasi diketahui ada seorang gadis yang sangat mirip dengan Merriam gadis itu bernama Cerrie. Penyelidikan yang dimulai dari sekolah Cerrie dimana anak tersebut dulunya bersekolah. Dalam penyelidikan tersebut Myron dibantu oleh Win dan Esperansa. Beberapa temen sekolah mengenali Cerrie dan berhasil mengetaui seorang laki-laki yang dulunya dekat dengannya. Laki-laki itu tampak takut  dan trauma karena dia harus mengingat  awal pertemuannya dengan Cerrie dan mendapatkan alamat rumah Carrie. Namun setelah mendatangi alamat itu ternyata yang adanya sebuah ladang tak terurus yang terdapat juga sebuah papan bertulis dilarang masuk. Tetapi di dekat ladang tersebut terdapat sebuah rumah. Tetapi ketika meilhat rumah tersebut yang membuat Myron kaget karena rumah tersebut sangat mirip dengan rumah yang ia lihat pada website Yayaan Save The Angel.
Myron terus menyelidiki kasus tersebut dan akhirnya diketahui bahwa ternyata pemilik rumah tersebut adalah Matar. Yang sangat mengherankan dalam rumah tersebut ditemukan bayak sekali wanita hamil yang sangat mencurigakan namun sama sekali tidak terlihat Cerrie gadis yang dicari Myron.Akhirnya Myron mengetaui bahwa Yayasan Save The Angel itu mupakan tempat menyimpanan janin beku yang nantiny janis tersebut akan dikloning. Dan ternyata wanita yang berada dalam rumah tersebut digunakan untuk mengandung janin tersebut sehingga terlahir menjadi seorang bayi yang nantinya bayi-bayi tersebut akan dijadikan sebagai pengikut dari Matar.
Sebelumnya Terese juga sempat menyimpan janin dan membekukannya di salah satu rumah sakit. Hal itu dia lakukan karena dia susah mengandung maka dia menyimpan janin beku miliknya yang nantinya akan digunakannya untuk memiliki seorang anak lagi dari suaminya Rick. Namun janinnya tersebut disalah gunakan oleh Matar. Dan ternyata Cerrie merupakan hasil dari janin yang dia bekukan dulu. Meskipun begitu Terese sangat senang dapat bertemu anak biologisnya dengan Rick meskipun dia tidak mengandung melalui rahimnya. Namun janin tersebut tetaplah berasal dari Terese dan Rick.
Helaian rambut dan darah di jasad Rick memang benar milik Cerrie tapi tenyata yang membunuh Rick bukanlah Cerrie melainkan Matar. Helaian rambut dan bercak darah  tersebut menempel karena pada saat terjadinya pembunuhan Cerrie berusaha mlindungi Risk karena dia tahu bahwa orang yang akan dibunuh itu adalah ayahnya.Akhirnya kejahatan Matar dapat terungkap dan Terrese dapat bertemu dengan anaknya yang sama sekali tidak dia ketahui.
Kesimpulan yang dapat diambil dari novel LONG LOST (Yang Lama Hilang) adalah:
  • Jangan takut untuk mengungkapkan kebenaran (dilihat dari usaha Myron Bolitar untuk mengungkap kematian Rick Collins).
  • Kemajuan teknologi sebaiknya digunakan dengan untuk hal-hal yang benar dan jangan untuk disalahgunakan. (Teknologi Kloning dari janin yang dibekukan).
  • Ikatan darah antara anak dan orangtua sangatlah kuat meskipun terpisahkan jarah dan waktu akhirnya mereka bisa dipertemukan. (Pertemuan ibu dan anak antara Terese dan Cerrie).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar